Senin, 01 Juni 2015

Hidup Hanya Sementara

Bismillaahirrohmaanirrohiim..
Hidup di Dunia Hanya Sementara

Qur'an Surat An-Naml(27): 1-5
27.An-Naml : 1
طس ۚ تِلْكَ آيَاتُ الْقُرْآنِ وَكِتَابٍ مُبِينٍ
Tho Sin. Inilah ayat-ayat Al-Qur'an, dan Kitab yang jelas,
27.An-Naml : 2
هُدًى وَبُشْرَىٰ لِلْمُؤْمِنِينَ
petunjuk dan berita gembira bagi orang-orang yang beriman,
27.An-Naml : 3
الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ بِالْآخِرَةِ هُمْ يُوقِنُونَ

(yaitu) orang-orang yang melaksanakan salat dan menunaikan zakat, dan mereka meyakini adanya akhirat.
27.An-Naml : 4
إِنَّ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالْآخِرَةِ زَيَّنَّا لَهُمْ أَعْمَالَهُمْ فَهُمْ يَعْمَهُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada akhirat, Kami jadikan terasa indah bagi mereka perbuatan-perbuatan mereka (yang buruk), sehingga mereka bergelimang dalam kesesatan.
27.An-Naml : 5
أُولَٰئِكَ الَّذِينَ لَهُمْ سُوءُ الْعَذَابِ وَهُمْ فِي الْآخِرَةِ هُمُ الْأَخْسَرُونَ
Mereka itulah orang-orang yang akan mendapat siksaan buruk (di dunia) dan mereka di akhirat adalah orang-orang yang paling rugi.
Manusia tinggal di dunia hanya sementara dan waktu yang singkat. Kemudian menuju kehidupan akhirat tempat tinggal selamanya.
Harta benda serta kesenangan di dunia walaupun diciptakan serupa dengan yang ada di akhirat, sebenarnya memiliki banyak kekurangan dan kelemahan karena harta benda dan kesenangan tersebut ditujukan hanya agar manusia mengingat hari akhirat. Alloh menegaskan betapa dunia merupakan tempat sementara yang penuh dengan kekurangan (QS Al Hadid(57):20 dan QS Ali Imran(3):14-15).
Sebenarnya, kehidupan di dunia tidak sempurna dan tidak berharga dibandingkan dengan  kehidupan abadi di akhirat. Untuk menggambarkan hal inu, dalam Bahasa Arab, dunia memiliki konotasi "tempat yang sempit, gaduh dan kotor". Manusia menganggap usia 60-70 tahun di dunia sangat memuaskan dan sangat panjang.
Akan tetapi, tiba-tiba kematian datang dan semua terkubur di liang lahat. Sebenarnya, ketika kematian mendekat, baru disadari betapa singkatnya waktu didunia. Pada hari dibangkitkan, Alloh akan bertanya kepada manusia, seperti tertulis dalam QS Al Mu'minun(23): 112-115.

"Dia (Alloh) berfirman,"Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi? Mereka menjawab,'Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah pada mereka yang menghitung.' Dia (Alloh) berfirman,'Kamu tinggal (di bumi) hanya sebentar saja, jika kamu benar-benar mengetahui. Maka apakah kamu mengira bahwa Kami menciptakan kamu main-main (tanpa ada maksud) dan bahwa kamu tidak akan dikembalikan kepada Kami?" QS Al Mu'minun(23): 112-115
"Mereka (orang-orang kafir) bertanya padamu (Muhammad) tentang hari Kiamat, "Kapankah terjadinya?," Untuk apa engkau perlu menyebutkannya (waktunya)? Kepada Tuhanmulah (dikembalikan) kesudahannya (ketentuan waktunya)." QS An Nazi'at(79): 42-44)
Ralika
HSMN.TimTemaDiskusi@gmail.com
Sumber:
Syaamil Al-Quran Miracle The Reference. Sygma Publishing. Bandung. 2010.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar