Rabu, 23 Maret 2016

RESUME : Aksi 1000 Hari Pertama Kehidupan (Part 2 - End)

Part 1 bisa cek disini : PART 1


SESI TANYA JAWAB

1.  Pertanyaan Bu Yuni..
Saudara saya setelah lahiran sesar mengkonsumsi obat cina biar jahitan cepat kering katanya. Apakah ada dampaknya ke asinya nanti? Ada beberapa yg bilang juga kalau mengkonsumsi obat cina itu bukan cuma jahitannya yang kering tapi asinya juga kering, benarkah?

Jawab :
Secara teori, produksi asi secara langsung dipengaruhi oleh kerja hormon prolaktin dan dihambat oleh hormon progesteron. Secara tidak langsung produksi asi bergantung pada seberapa sering bayi menghisap payudara dan seberapa sering asi diperah. Pengaruh psikologis ibu juga berpengaruh, semisal kondisi stres.


Selama obat yg dikonsumsi ibu menyusui tidak ada kandungan hormon yang menghambat produksi asi tidak masalah. Hanya saja ibu menyusui sebaiknya tidak mengkonsumsi obat yang belum diketahui efeknya pada ibu menyusui. Karena ibu menyusui termasuk kategori rentan mengalami efek transfer kandungan obat ke asi atau bisa jadi obat tersebut menghambat produkai asi, maka sebaiknya berkonsultasi dahulu pada ahlinya sblm memutuskan mengkonsumsi obat/herbal dll.


2. Pertanyaan Bunda Aida: 
Bagaimana pemberian asi hingga anak lebih dari 2 tahun. Apakah bener sudah tidak ada manfaatnya?

Jawab :
Wa'alaikumussalam bunda. Menyusui sangat dianjurkan sampai usia 2 th. Akan tetapi jika bunda belum berhasil menyapih sampai usia tersebut silakan terus disusui dg tetap sounding atau berusaha menyapih. Kandungan asi pada usia tersebut hanya sedikit memenuhi kebutuhan anak karena sudah masanya ia mendapatkan zat gizi lainnya dari makanan. Tidak ada bahaya berarti jika bunda tetap menyusui, hanya saja jika sampai keterusan biasanya si kecil akan lebih sulit untuk disapih. Tetap berusaha menyapih dengan cinta bunda.


3. Petanyaan Ummu Hanif

Bisa dijelaskan pengasuhan metode kangguru itu seperti apa? Terima kasih.


Jawab :
Pengasuhan metode kangguru ini sudah dikenal luas di seluruh dunia sebagai salah satu cara untuk meningkatkan bonding ibu dengan bayi. Ini sangat dianjurkan terutama pada bayi lahir prematur dan atau bayi dengan berat badan lahir rendah. Mengapa? Karena mereka dalam kondisi rentan dan proses pengasuhan kangguru dapat menjaga kehangatan tubuh bayi. Oleh karena itu, ibu dan bayi harus kontak langsung kulit dengan kulit agar bayi juga lbh mudah mengenal aroma ibu dan mudah menyusu kapanpun ia mau


Filosofinya seperti bayi kangguru yg melakukan sebagian besar aktivitas pertama dalam hidupnya dalam kantong ibunya, entah menyusu, mencari kehangatan dll.
Ternyata telah dibuktikan oleh beberapa penelitian bahwa metode ini dpt dg cepat menaikkan berat badan bayi, cepat memulihkan kondisi bayi dan ibu.

Caranya :
Ibu menggendong bayi persis di depan dada (membentuk memyerupai kantong ibu kangguru) dengan bantuan kain panjang. Petugas kesehatan dpt membantu ibu utk memposisikan bayi.


4. Pertanyaan Bu Farah
Setelah cuti, penggunaan pakai dot belum bisa sy hindari. Karena seminggu pertama mencoba pakai gelas, sendok dan pipet. Bikin bayi nangis terus. Seperti dia merasa ga sabaran. Akhirnya pakailah dot. Alahmdulillah tetap bisa sampai 2thn menyusui. Walaupun masih campur formula selagi saya dinas. Bagaimana pendapat ibu narsum ?


Jawab :
Salam kenal bunda. Sangat baik sekali usaha bunda tetap memberikan asi pada si kecil. Memang penggunaan dot sebaiknya dihindari krn menyebabkan resiko bingung puting lebih besar dan seperti yg saya sebutkan di atas bingung puting bukan hanya berarti bayi menolak menyusu tapi bisa juga indikasi asi semakin berkurang krn hisapan bayi semakin lemah. Bagi beberapa ibu ada yg tetap nyaman dan tetap bisa menghasilkan asi banyak walaupun memberikan asi perah dengan dot.
Namun beberapa ibu lainnya ada yang langsung terlihat efek buruk dari penggunaan dot. Ini kembali pada pilihan ibu. Hanya saja yg direkomendasikan pemberian asi perah dg dot mmg sebaiknya dihindari.


Pemberian asi perah dg sendok, pipet, cup feeder, gelas dll memang butuh latihan antara si pemberi asi perah dg bayi. Tidak semata langsung bisa mahir memberikan asip tanpa bayi menangis/berontak dan tanpa tumpah. Latihan terus menerus akan membuat bayi dan pengasuhc/pemberi asip terbiasa dg alat2 tersebut.


5. Pertanyaan Bu Farah (lanjutan)
Saya stok asi menggunakan kantong asi dan botol. Bagaimana langkah penggunaan asip yg benar setelah dari freezer ?


Jawab :
Ini beberapa tips untuk asip dalam freezer :
1. Jika asip disimpan dalam freezer usahakan ttp diberi label setiap kali akan dimasukkan ke dalam freezer utk memudahkan arus asip mana yg akan diberikan terlebih dahulu.

2. Malam hari sebelum asip diberikan kepada bayi keesokan harinya, turunkan asip sejumlah kebutuhan minum bayi ke kulkas bawah. Keesokan harinya asip beku akan mencair dan tinggal dihangatkan
3. Menghangatkan asip upayakan dengan meletakkan asip di atas air panas (tidak langsung bersentuhan dengan air panas) agar zat gizi tidak banyak yg rusak. Merebus langsung asip tidak dianjurkan
4. Suhu dalam freezer sebaiknya ttp dipantau, penyimpanan khusus asip baiknya tdk dicampur2 dg penyimpanan bahan lainnya utk menjaga kualitas asip. Kontaminasi sangat mungkin terjadi jika asip dicampur dg bahan lainnya
5. Penyimpanan dlm freezer khusus maksimal selama 6 bln, freezer yg bawahnya ada kulkas maksimal asip beku disimpan selama 2-4 bln.✅


6. Pertanyaan Bu Farah (lanjutan)
Saya lihat Oki Setiana dewi punya asip banyak selama 2 bulan cuti. Bisa menghasilkan ratusan kantong asip. Bagaimana tips nya bisa sebanyak itu?  Agar 2thn kami yg bekerja bisa full asi tanpa tambahan sufor. 

Jawab :
Masyaa Allah ya bisa menghasilkan asip yg banyak. Kuncinya hanya pada keistiqomahan jadwal ibu memerah asi. Minimal rutinkan perah sebanyak 8x dg interval 3 jam sekali. In syaa allah asi perah akan semakin banyak volumenya. Bunda tidak perlu melihat seberapa banyak asip yg didapat setiap kali perah tapi lebih kepada keteraturan mengikuti jadwal perah.

Setiap kali perah selama minimal 20 menit, bisa bergantian di payudara satu dn lainnya. Upayakan saat perah relax dan ingatlah bayi sesering mungkin agar muncul LDR (let down reflex), masa saat asi perah banyak keluar yg biasanya dipicu oleh hal2 tertentu spt bunda melihat foto bayi, video bayi, suara tangisan bayi atau bahkan saat bunda merasa sangat bahagia. Aliran asi akan semakin deras.
Pemberian sufor utk bayi setelah masa asi eksklusif sbnrnya juga tidak dibutuhkan krn ada makanan pendamping asi (mp asi) yg membantu memenuhi kebutuhan bayi. So, bunda tdk perlu terlalu khawatir akan hal tsb.



7. Pertanyaan Ibu yuni,
Bagaimana caranya menyapih dg cinta? Apakah ada tips tips saran yg bs kami praktekkan?

Jawab ;
Weaning with love (menyapih dg cinta) pada prakteknya adalah bagaimana menyapih si kecil tanpa menakuti/mengancam dn sejenisnya. Bunda bisa melakukan dg cara-cara sebagai berikut (menurut teori dan pengalaman) :
1. Seringlah sounding ke si kecil bahwa ia sudah besar dan saatnya berhenti menyusu. Lakukan sesering mungkin dimulai sejak 2-3 bulan sebelum usianya 2 tahun.

2. Meminta bantuan suami untuk menggantikan peran bunda saat akan menidurkan si kecil. Biasanya si kecil akan ingat utk menyusu saat menjelang tidur jika bunda yg menemaninya tidur. Bunda bisa berbagi peran dg suami utk menemani saat ia akan tidur, lakukan dg rutin dg harapan ia akan lupa utk menagih menyusu
3. Lebih ekstrim lagi, berpisah dengan si kecil selama 1 atau 2 hari. Mengungsikan si kecil d rumah keluarga bisa juga menjadi alternatif menyapih tanpa kekerasan. Hampir sama dg poin 2, harapannya agar ia lupa dg meminta menyusu kembali
4. Cobalah istiqomah dg aturan yg sudah dilaksanakan agar si kecil tidak bimbang. Terkadang drama2 aksi si kecil yg mengamuk dll sangat mudah membuat bunda goyah utk kembali memberikannya menyusu, tetap teguh dg pendirian ya bunda sambil tetap sounding pada si kecil.


Sanggahan.
Ibu, jika berpisah, apakah ada dampak psikologisnya tidak ya?

Jawab :
Kalo si kecil terbiasa diajak ke rumah keluarga tersebut saya kira tidak ada masalah. Semisal rumah nenek, bibi atau keluarga lainnya. Ini pengalaman beberapa teman dan pengalaman saya sendiri yg berhasil dg metode ini. Tapi ada juga yg tdk berhasil/tdk tegaan, bisa dicoba cara lainnya.


8. Apakah boleh klo lg hamil kt menyusui juga? Ada teman saya punya anak 1,5thn skr lg hamil 3bulan. Anak pertamanya ga mau sufor pengen ASI aja. Gimana itu bu?


Jawab :
Tidak masalah hamil sambil menyusui asalkan kondisi kandungan oke. Menyusui bisa memicu kontraksi rahim, kalo bunda ada pengalaman kehamilan yg kurang baik sebaiknya konsultasi dulu ke dokter apakah aman menyusui. Tapi jika selama ini kandungan baik-baik saja maka tidak masalah.

Jika hamil dimana anak yg lbh tua masih dlm masa menyusui, rekomendasi memberikan asi sampai anak yg tua berumur 1 th. Lebih dari itu jg tdk masalah. Hanya saja produksi asi ibu hamil yg menyusui akan menurun karena dihambat oleh hormon kehamilan. Tetap menyusui juga akan memberikan keuntungan seperti yang saya jelaskan pada poin di atas.


9. Pertanyaan Bu Afni
Bgmana hukum secara syar'i nya jika munyusui lebih dari usia 2 tahun?


Jawab :
Dalam alqur'an memang disebutkan agar menyusui hingga 2 tahun, namun pada prakteknya tdk masalah sampai lebih beberapa bulan stlh 2 th. Yang penting ibu tetap dalam proses menyapih. Ada beberapa ibu juga yg berhenti menyusui sebelum usia si kecil 2 th.


10. Pertanyaan  Bunda Ratih
Kalau bayi ngambek tidak mau nyusu dari nenen itu kenapa ya bun? Ada tips ga supaya bayi nya mau nyusu lagi.


Jawab :
Bunda, usia bayinya brp bulankah? (6 bulan)


Penyebab bayi menolak menyusu bisa bermacam-macam.
1. Menolak karena terbiasa diberikan asi perah dengan media lain selain yg dianjurkan

2. Bayi tdk nyaman misal cuaca panas, bayi mengantuk, bayi sudah kenyang, bayi sakit dll
3. Payudara terlalu penuh shg mengencang dan puting mnjadi semakin terbenam akibatnya bayi tdk nyaman menyusu
4. Bingung puting, ini berkaitan dengan poin no 1
5. Ibu berganti parfum yg mengakibatkan aroma tubuh ibu berubah/makan makanan yg mempengaruhi aroma tubuh ibu. Karena bayi sangat peka dg aroma tubuh ibu, jika ada perubahan terkadang ia akan menolak jg menyusu
6. Perubahan lingkungan semisal pindah rumah, pindah kamar atau berkunjung ke tempat yg baru yg membuat bayi tdk nyaman
7. Ada gangguan lainnya yg diluar dr penglihatan manusia.
Coba bunda temukan kira2 penyebabnya apa diantara poin2 di atas, hilangkan penyebabnya agar bayi kembali nyaman menyusu kembali.


PENUTUP
Sebagai penutup, dari saya selaku moderator, saya jadi ingat quote yg saya baca di sebuah blog.
Sebagai orangtua, kita pastilah melakukan kesalahan kepada anak kita. Namun setidaknya, kita sudah berusaha berjuang melakukan satu hal yg benar baginya di awal kehidupannya, yaitu dg memberikan ASI.
Selamat berjuang bunda ASI.

Wassalamualaikum wr wb

_______________________________________________________________
RESUME DISKUSI KULWAP HSMN TANGGERANG
Hari dan tanggal : Kamis, 17-03-2016
Pukul: 09.00 s.d 11.00 WIB
Pemateri: Ibu Yuni
Tema: Serba Serbi ASI
Moderator: Nida Issabela
Notulen : Afni bunda akhdan

BIODATA NARASUMBER
Nama        : Yuni Dwi Setiyawati, S.Gz, Dietisien
Aktivitas : ibu rumah tangga nyambi sebagai nutrisionist di Puskesmas dan konselor menyusui di ASI For Baby NTB (AFB NTB)
Domisili     : Mataram, NTB
Status        : menikah, memiliki 2 anak (Hanyfa 4,5 tahun dan Hamas 3 tahun)
Kontak.     : 081804177721 atau email hanyfasholiha@gmail.com atau fb yuni dwi setiyawati atau IG @yuni.ds
Share:

0 komentar:

Posting Komentar