Rabu, 30 September 2015

Mengajarkan Menjaga Kebersihan

Memiliki buah hati yang mencintai kebersihan tentu juga menjadi dambaan kaum Muslimah. Karena menjaga kebersihan bagi umat muslim, bukan saja sekedar salah satu usaha untuk menjaga kesehatan dan atau keindahan diri dan lingkungan. Tapi juga merupakan sebuah ibadah.

Agar buah hati semakin semangat untuk mencintai kebersihan, maka ada baiknya juga kita perkenalkan beberapa hadits tentang kebersihan.


Kebersihan sebagian dari Iman
”Bersuci [thaharah] itu setengah daripada iman.”(HR. Ahmad, Muslim, dan Tirmidzi) (Lihat Imam As-Suyuthi, Al-Jami’ Ash-Shaghir, II/57)


BERSIWAK - menjaga kebersihan mulut
Bersiwak hukumnya sunnah (dianjurkan) pada setiap saat, sebagaimana Hadits dari Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

“Bersiwak itu akan membuat mulut bersih dan diridhoi oleh Allah.” (Shohih, HR. An Nasa’i, Ahmad, dll)

Dari Abu Huroiroh radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوءٍ

“Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak  setiap kali berwudhu.” (HR. Bukhari)


Menjaga kebersihan lingkungan
Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


اتَّقُوا اللَّعَّانَيْنِ ». قَالُوا وَمَا اللَّعَّانَانِ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ « الَّذِى يَتَخَلَّى فِى طَرِيقِ النَّاسِ أَوْ فِى ظِلِّهِمْ »

“Waspadalah dengan dua orang yang terkena laknat.” Mereka berkata, “Siapakah yang kena laknat tersebut?” Beliau menjawab, “Orang yang buang hajat di tempat orang lalu lalang atau di tempat mereka bernaung.” (HR. Muslim no. 269).


Gimana Prakteknya ya...

1. Berlatih menjaga kebersihan diri
Mandi, berwudlu, bersiwak,  merupakan kegiatan rutin yang tentunya tidak lepas dari keseharian. Mulai dari semuanya dibantu oleh orang tua, sampai akhirnya ananda bisa melakukannya sendiri dengan penuh kegembiraan

2. Biasakan membuang sampah pada tempatnya.
Lebih baik lagi apabila Bunda mengajari ananda untuk membedakan sampah basah dan sampah kering.

3. Buatlah jadwal piket untuk membersihkan rumah.
Anggota keluarga bisa dibuatkan jadwal untuk membersihkan kamar mandi, halaman rumah, selokan, dan area sekitar rumah anda secara rutin.

4. Mengolah sampah
Alangkah baiknya sampah di olah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat. Misalnya untuj membuat prakarya ataupun pupuk kompos


Jangan lupa selalu terapkan 3B, yaitu:
✅ Buang sampah di tempat yang sudah di sediakan,
✅ Bersihkan segala sesuatu yang kotor, dan
✅ Biasakanlah untuk hidup sehat dan bersih.


Memiliki kesadaran untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan.


إِنَّ اللَّهَ تَعَالى طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ (رواه التيرمدى: 2723)

Artinya:
Sesungguhnya Allah swt. Itu baik, Dia menyukai kebaikan. Allah itu bersih, Dia menyukai kebersihan. Allah itu mulia, Dia menyukai kemuliaan. Allah itu dermawan ia menyukai kedermawanan maka bersihkanlah olehmu tempat-tempatmu. (H.R. at –Tirmizi: 2723)


Sumber:

. http://www.muslimdaily.net/artikel/10-hadist-tentang-kesehatan-dan-kebersihan.html
. http://afwanaprilio.blogspot.co.id/2014/02/cara-sederhana-untuk-menjaga-kebersihan.html?m=1
Share:

0 komentar:

Posting Komentar